Permusuhan dengan Syetan

19 Jun 2011

Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu mengikuti langkah- langkah syaitan. Barangsiapa yang mengikuti langkah-langkah syaitan, maka Sesungguhnya syaitan itu menyuruh mengerjakan perbuatan yang keji dan yang mungkar. Sekiranya tidaklah karena kurnia Allah dan rahmat-Nya kepada kamu sekalian, niscaya tidak seorangpun dari kamu bersih (dari perbuatan-perbuatan keji dan mungkar itu) selama-lamanya, tetapi Allah membersihkan siapa yang dikehendaki-Nya. dan Allah Maha mendengar lagi Maha mengetahui. (QS. Annur:21)

Ketika tiba waktu shalat, Iblis mengerahkan pasukan/bala tentaranya supaya menghampiri manusia, mereka alihkan dengan kesibukan supaya melupakan shalat. Syetan mendatangi orang yang hendak menunaikan shalat, lalu dialihkan pada kesibukan lain, sehingga orang itu mengakhirkan waktunya. Dan kalau itu tidak berhasil, maka syetan pun mendorong secepatnya supaya orang itu tidak menyempurnakan shalat, baik ketika ruku, sujud ataupun bacaan dan tasbihnya. Dan kalau itu tidak berhasil, maka syetan pun membuat kesibukan urusan dunia pada hatinya. Dan kalau itu juga tidak berhasil, maka minggatlah syetan dengan penuh kerugian dan kehinaan. Kemudian Iblis terkutuk menghukum syetan yang gagal dengan cara mengikat dan membuangnya ke laut. Tetapi apabila syetan berhasil dalam misinya, yaitu menggoda orang shalat, maka ia pun memperoleh penghargaan yang tinggi dan disanjung-sanjung.

Tiga jurus ampuh yang dilakukan oleh syetan dalam menggoda manusia dalam perkara shalat, yaitu:

  1. Sebelum pelaksanaan, yaitu syetan membisikan agar menunda-nunda shalat sehingga kita mengakhirkannya, tidak tepat waktu bahkan tidak dilaksanakan sama sekali.
  2. Selama Pelaksanaan, membisikan kedalam hati agar kita sibuk memikirkan kepentingan dunia, sehingga shalat dilakukan tergesa-gesa dan tidak khusu. Contohnya ketika kita shalat, ingat bahwa motor belum dikunci stang.
  3. Setelah pelaksanaan shalat, syetan menanamkan rasa ujub, membanggakan diri dengan merasa shalatnya telah sempurna karena telah tepat waktu dan khusu

Wallahu’alam Bishshowab:


TAGS Iman


-

Author

Follow Me

Search

Recent Post