Sabar dan Syurga

24 Jun 2011

Sesungguhnya hanya orang-orang yang bersabarlah yang dicukupkan pahala tanpa batas (QS. Az Zumar:10)

Jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu, sesungguhnya Allah berserta orang-orang yang sabar (QS Al Baqarah: 153)

Dari Anas ra. ia berkata, Saya mendengar Rasulullah saw. bersabda: “Sesungguhnya Allah Ta’ala berfirman: ‘Apabila Aku menguji seorang hambaKu dengan kebutaan pada kedua matanya kemudian ia sabar, maka Aku akan menggantikannya dengan syurga” (HR. Bukhari)

Dikisahkan, ada seorang wanita yang mendatangi Rasulullah saw, kemudian berkata: “Sesungguhnya saya mempunyai penyakit ayan, dan aurat saya terbuka karenanya. Oleh karena itu mohonkanlah kepada Allah agar penyakit saya sembuh”.

Beliau saw. kemudian bersabda: “Apabila kamu mau sabar maka kamu akan masuk syurga, dan apabila kamu tetap meminta, maka saya pun akan berdo’a kepada Allah agar engkau sembuh dari penyakitmu”

Wanita itu menjawab: “Kalau begitu saya akan bersabar”. Kemudian wanita itu berkata lagi, “Sesungguhnya aurat saya terbuka karenanya, oleh karena itu mohonkanlah kepada Allah agar aurat saya tidak terbuka”

Maka Rasulullah berdo’a untuknya agar auratnya tidak terbuka.

Dalam suatu keterangan disebutkan, bahwa penghuni syurga itu akan diberi 70 perhiasan yang beraneka ragam warnanya. Pada jari-jemari mereka terdapat 10 cincin, dan salah satu cincinnya bertuliskan: “Salaamun ‘alaikum bimaa shobartum, keselamatan atas kamu berkat kesabaranmu”

Orang yang beriman akan selalu diuji dalam bentuk kesenangan dan kesulitan. Ujian berupa kesulitan dituntut untuk bersabar, sedangkan jika ujian berupa kenikmatan dituntut untuk bersyukur. Kedua-duanya akan tetap menjadi kebaikan dan berpahala. Menurut para ulama bersabar itu lebih utama daripada bersyukur, karena dengan bersyukur ada tambahan nikmat.

Wallahu’alam Bisshowab.


TAGS Syurga sabar


-

Author

Follow Me

Search

Recent Post